4 Cara Ampuh untuk Kembali Menikmati Buku

Bagiku kegiatan membaca merupakan salah satu aktivitas hiburan yang biasa kulakukan. Oleh karena itu, aku lebih suka memilih buku yang nyaman untuk kubaca atau buku yang merupakan genre favoritku. 



Sayangnya, kita tak selalu bisa membaca buku yang kita suka. Kondisi itu bisa saja disebabkan karena tuntutan kerjaan, tugas sekolah atau ada tantangan di komunitas yang memaksa kita untuk membaca buku yang tidak kita sukai. 

Jika kita berhadapan dengan kondisi itu, mau tidak mau kita juga harus memaksa diri untuk membacanya. Apalagi jika kegiatan tersebut ada deadlinenya kan? Tentu itu semakin menjadi tidak mudah. Pasti ada kalanya kita mengalami yang namanya reading slump. Apa itu reading slump? Yaitu kondisi ketika kita kehilangan motivasi untuk membaca. 

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita mengalami reading slump? Berikut ini adalah tips yang bisa digunakan untuk mengatasinya menurut versiku. Semoga membantu! 

1. Baca dalam Porsi Kecil dan Tempo yang Santai

Tidak usah terlalu ngoyo untuk segera menyelesaikan kegiatan membaca buku karena bisa jadi kita lebih mudah jenuh. Apalagi jika itu adalah buku yang tak terlalu kita sukai kan? Lebih baik bagi waktu membaca sesuai kenyamanan. Misalnya luangkan waktu membaca menjadi 10 menit atau 15 menit. 

Jika memang mood sedang baik, maka bisa kita perpanjang. Intinya jangan membaca dalam kondisi tertekan karena itu akan membuat kegiatan membaca menjadi semakin menyiksa. Bacalah dengan tempo yang santai sambil berusaha menikmati setiap halaman dari buku tersebut. 

2. Beri Jeda dengan Kegiatan Lain

Untuk mengembalikan semangat membaca, bisa juga dengan kita jeda lewat aktivitas favorit kita yang lain. Misalnya membaca buku favorit kita, menonton, makan dan sebagainya. Siapa tahu setelah itu jadi meningkatkan gairah membaca kembali, ya kan? 

3. Temukan Aspek Menarik

Ini bisa dilakukan jika kita membaca buku dengan genre yang tidak kita suka. Cobalah cari aspek menarik dari buku tersebut. Entah itu dari gaya penulisan, latar belakang, karakter tokoh dan lain-lain. Mungkin ada banyak hal lain yang bisa digali. Apalagi jika itu bisa disambungkan dengan minat atau imajinasi pribadi. 

Contohnya saja aku, yang tidak suka membaca buku genre romance. Akhirnya aku mencoba mencari hal menarik dari buku tersebut. Misalnya dengan mencoba melihat perkembangan karakter tokoh lalu menganalisis kenapa tokoh tersebut sampai berperilaku tertentu. Jadi aku lebih baik fokus pada hal-hal tersebut ketimbang memikirkan bagian cinta-cintaan atau hal-hal romantis yang tidak terlalu aku suka. 

Selain itu kita juga bisa fokus pada konflik cerita atau dinamika hubungan sehingga kita bisa melihat unsur lain dalam buku tersebut. Apalagi jika kita menganggap cerita cinta-cintaan sebagai topik utama yang kurang menarik. 

Ini bisa kita coba praktikkan ke buku nonfiksi atau yang lain. Dengan mencari hal lain yang menarik dari sebuah buku, bisa jadi membuat kita jadi lebih tertantang untuk membaca buku tersebut. 

4. Menggunakan Teknik Membaca Cepat

Ini biasa kulakukan jika tidak ada hal menarik yang kudapatkan dari sebuah buku (sementara kita harus tetap menyelesaikan buku tersebut). Maka teknik ini cukup efektif. Intinya dalam satu halaman kita langsung membaca garis besar buku tanpa harus membaca buku secara detail. 

Tentu menurutku cara ini ada kekurangannya karena bisa jadi ada bagian-bagian yang kita lewatkan berhubung kita hanya mengambil intinya saja. Tapi setidaknya ini bisa jadi cara efektif untuk kita tetap bisa mengerti isi buku tersebut tanpa harus menghabiskan banyak waktu. 

Itulah empat hal yang bisa dilakukan jika kita mengalami reading slump. Pada akhirnya sih aku tetap menyarankan untuk membaca buku yang kita sukai saja ya karena membaca buku itu kadang memang butuh effort. Apalagi di jaman sekarang yang hiburannya jauh lebih banyak. 

Jadi akan lebih baik jika membaca buku yang bisa kita nikmati. Namun, jika memang kita sampai kita harus membaca buku yang tidak kita sukai atau mungkin memang sedang mengalami kejenuhan saat membaca, mungkin bisa pakai tips di atas ya. Tetap semangat membaca! 

Posting Komentar untuk "4 Cara Ampuh untuk Kembali Menikmati Buku"